Monday 15 July 2013

Jenak Kejujuran



COPY PASTE FROM MUTIARA HATI..hihi..tersentap!!
Hari-hari menjelang kedatangan Rasulullah s.a.w. dari Tabuk sangat menegangkan. Setidaknya bagi Ka’ab bin Malik. Kalau saja dia berada dalam rombongan Rasulullah, tentu lain ceritanya.
Seperti biasa, setiap pulang dari perjalanan, Rasul lebih dulu ke masjid. Ternyata, sekitar 80-an orang munafik telah menunggu di sana. Mereka memohon kepada Rasulullah agar meminta ampunan kepada Allah kerana tidak ikut perang. Mereka juga berharap agar Rasul sendiri mau memaafkan. Permintaan itu dikabulkan Rasul. Tapi, tiba-tiba wajah baginda berubah merah. Seulas senyum tersungging, ketika Ka’ab bin Malik menemuinya. “Mengapa kamu tidak ikut ke Tabuk? Bukankah kamu telah membeli kenderaan untuk itu?” tanya Rasulullah s.a.w. Wajar Rasulullah bersikap seperti itu. Ka’ab termasuk jajaran para sahabat terhormat, punya rekod yang baik sebagai penulis wahyu, dan relatif tanpa cacat nama baik. Tidak ikut ke Tabuk menjadi sesuatu yang tak logikal untuk ukuran seorang kader yang ditarbiyah oleh Rasul.
Ka’ab terdiam. Ia sudah menduga pertanyaan itu muncul. Itulah detik-detik penuh konflik dalam batinnya. Bukan tak mampu beralasan. Ia dapat melakukan itu, kerana – seperti katanya sendiri – ia diberi kemampuan berargumentasi yang baik. Tapi, masalahnya ia bermuamalah dengan Allah SWT dan berhadapan dengan Rasul Allah. Dalam situasi seperti itu, biasanya lahir dorongan untuk berdusta. Demi mempertahankan “air muka” atau “kebesaran” atau “kehormatan” atau “wibawa” atau, “nama baik.”
Bentuk kedustaan dapat beragam. Yang paling sering muncul adalah rasionalisasi kesalahan, yaitu kecenderungan membenarkan kesalahan dengan alasan apapun. Atau dalam ungkapan Al-Qur’an “akhadzat hul izzatu bil itsmi” (ia dipaksa oleh keangkuhan untuk membela dosanya). Konflik batin, itulah yang dirasakan Ka’ab bin Malik. Namun apa jawaban Ka’ab? “Wahai Rasulullah, andaikan aku berhadapan dengan selain engkau, aku yakin dapat meloloskan diri dengan satu alasan. Namun, andaikan aku berdusta kepadamu yang membuatmu ridha padaku, aku khawatir Allah akan membuatmu marah padaku (dengan mengungkap kedustaan ini melalui wahyu). Wahai Rasulullah, jika aku jujur padamu, dan itu membuatmu marah padaku, aku masih mampu berharap agar kelak Allah mengampuni dosaku.”
Ka’ab telah melewati jenak-jenak penuh pertarungan itu, melewati detik-detik menegangkan, sangat berat, Dan ia menang. Ia mengalahkan dirinya sendiri, dan memenangkan kejujuran imannya atas dusta dan kemunafikan. “Orang-orang ini benar-benar telah berkata jujur,” ucap Rasulullah s.a.w. Selanjutnya, ia berkata, “Wahai Ka’ab, berdirilah sampai Allah memutuskan sesuatu untukmu.” Akhirnya Ka’ab mendapat hukuman, dipulaukan secara sosial selama 50 hari. Tapi itu lebih ringan ketimbang beratnya pertarungan memenangkan kejujuran iman.
Kita semua akan menghadapi detik-detik seperti itu. Dan, kita mampu menang jika di saat seperti itu menyadari bahwa kita hanya bermu’amalah dengan Allah SWT, yang mengetahui pengkhianatan mata dan segala yang tersembunyi dalam dada. Bukan dengan manusia, yang mudah dibohongi, atau bahkan senang dibohongi. Itulah yang membuat kejujuran bernilai lain di sisi Allah SWT. Itu pula sebabnya, mengapa banyak di antara kita yang selalu gagal di jenjang ini.
Wallahu’alam.

No comments:

Post a Comment